PBB memperkirakan India akan sebagai negara dengan populasi terbesar



PBB memperkirakan India akan menjadi negara dengan populasi terbesar

Topikindo.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa India akan menggantikan Cina sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia dalam waktu kurang dari satu dekade. Cina dan India memiliki total populasi sekitar 7,7 miliar orang, atau sekitar 37 persen dari total populasi dunia.

Cina saat ini memiliki 1,4 miliar orang, sementara India memiliki 1,3 miliar orang.

Menurut laporan World Population Prospect PBB tahun 2019 yang dirilis, India akan memiliki populasi yang lebih besar daripada Cina pada 2028 mendatang.

Menurut laporan PBB, antara 2019 dan 2050, 55 negara atau wilayah diperkirakan akan mengalami penurunan populasi sekitar satu persen.

Populasi Cina sendiri diperkirakan akan menyusut sebesar 2,2 persen atau sekitar 31,4 juta sehingga populasi negara komunis akan menjadi 1,1 miliar.

Populasinya tentu lebih kecil dari India yang diperkirakan memiliki total populasi 1,5 miliar jiwa.

Sementara itu, pemerintah Cina telah berupaya untuk mengatasi tingkat populasi negara itu yang terus menurun dalam beberapa tahun terakhir karena tingkat kelahiran yang menurun dan populasi orang tua yang tinggi.

Selain India, Nigeria juga diperkirakan menjadi populasi terbesar ketiga pada 2050 dengan populasi 733 juta. Selain itu, AS akan turun ke urutan keempat dengan total populasi 434 juta sementara Pakistan tetap berada di peringkat kelima.

Selain itu, PBB juga memperkirakan bahwa total populasi manusia di dunia akan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050.

Laporan ini didasarkan pada faktor-faktor demografis, perhitungan kelahiran, kematian, dan tingkat migrasi.
Pos PBB memperkirakan bahwa India akan menjadi negara dengan populasi terbesar yang ditampilkan sebelumnya di Topikindo. .



Source link