4 Kondisi yang Sebabkan Gagal Jantung



4 Kondisi Yang Menyebabkan Gagal Jantung

Topikindo.com- Gagal jantung adalah suatu kondisi yang terjadi ketika otot jantung tidak dapat memompa darah secara normal. Faktor gaya hidup seperti merokok, kelebihan berat badan, asupan makanan tinggi lemak dan kolesterol, dan kurangnya aktivitas fisik meningkatkan risiko gagal jantung.

Gagal jantung biasanya terjadi karena kondisi kesehatan atau tekanan yang membuat jantung bekerja terlalu keras. Penyakit ini ditandai dengan gejala sesak nafas, kelelahan, bengkak di kaki, dan detak jantung tidak teratur.

Berdasarkan situs kesehatan jantung internasional Heart.org, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan atau menyebabkan gagal jantung. Memiliki satu atau lebih dari kondisi ini akan meningkatkan risiko gagal jantung.

Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal jantung:

1. Arteri koroner Penyakit arteri koroner terjadi karena kadar kolesterol dan lemak menumpuk di arteri jantung, sehingga jumlah darah yang mencapai otot jantung berkurang. Penyakit ini menyebabkan nyeri dada dan jika darah total tersumbat dapat menyebabkan serangan jantung.

Penyakit ini juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan gagal jantung kapan saja.

2. Tekanan darah tinggi Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol merupakan faktor risiko utama gagal jantung. Ketika tekanan dalam pembuluh darah terlalu tinggi, jantung harus memompa darah lebih keras untuk mempertahankan sirkulasi darah. Kondisi ini memiliki risiko tinggi menyebabkan gagal jantung.

3. Katup jantung abnormal Masalah yang ditemukan pada katup jantung ini dapat disebabkan oleh penyakit, infeksi, atau cacat saat lahir. Ketika katup tidak membuka atau menutup sepenuhnya, otot jantung harus memompa lebih keras agar darah terus bergerak. Akibatnya jantung bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan gagal jantung.

Selain itu, kelainan jantung sejak lahir, penyakit paru-paru, diabetes, obesitas, dan sleep apnea juga merupakan faktor yang meningkatkan risiko gagal jantung.

Dikutip dari situs kesehatan Mayo Clinic, tidak semua kondisi yang menyebabkan gagal jantung dapat disembuhkan. Namun, perawatan yang tepat dapat meningkatkan gejala.
Posting 4 Kondisi yang Menyebabkan Gagal Jantung ditampilkan sebelumnya di Topikindo. .



Source link